Akibat Lalai Berkendara

Berbicara kendaraan pasti langsung teringat dengan mobil ataupun motor. Dua kendaraan itulah yang paling sering kita jumpai. Karenaa keduanya merupakan kendaraan darat, berbeda dengan kendaraan laut ataupun udara. Ada tempat khusus untuk kita bisa menaikinya atau sekedar melihat. Apalagi di kota besat kendaraan darat seperti tidak ada habisnya, maka tak heran kemacetan dimana mana. Selain banyaknya pengguna kendaraan, banyak pula kelalaian yang terjadi. Tak heran pula setiap harinya pasti ada saja yang mengalami kecalakaan baik itu karena kelalaian sendiri ataupun kelalaian orang lain.

Lalai dalam kasus ini berarti kurang berhati hati. Karena banyak arti lalai setidaknya ada tiga arti, jika lalai sebagai kata sifat berarti tidak ingat. Maksudnya tidak ingat kerena ia terlalu sibu dengan sesuatu lait atau bisa dibilang terlupa. Sedangkan lalai juga ada dalam bidang pelayaran yang berarti tali di kapal, yang digunakan sebagai pemutar kayu untuk menggantungkan layar. Namun dalam hal ini lalai yang merupakan kata sifat yang berarti kurang berhati hati. Jika saat berkendara kita lalai, dampaknya akan buruk. Pasalnya selain mencelakaan dirinya sendiri juga merugikan pengguna jalan lainnya. Berikut ini akibat lalai berkendara :

1. Menyebabkan Kecelakaan
Akibat kelalaian saat berkendara adalah kecelakaan lalu lintas. Hal ini sudah tidak lumrah lagi dimanapun berada. Pemicu orang lalai saat berkendara juga beragam, seperti pengendara ngantuk, ngobrol terus dengan yang dibonceng, atau sambil bertelepon. Nah akibatnya sangat fatal jika sudah seperti ini, selain diri anda juga bisa terluka, orang lain juga terkena ombasnya. Jika kecelakaannya besar, bisa juga berdampak pada kemacetan yang panjang. Tentu sangat merugikan bukan? Maka dari itu ketika berkendara sebaiknya fokus dan konsentresi, jika merasa lelah sebaiknya istirahat dulu.

2. Mengganggu Pengguna Lainnya
Ketika anda lalai saat berkendara, tentu pengguna jalan lainnya akan terganggu. Contohnya saja ketika banyak mengobrol dijalan, anda bisa saja lupa dengan sekitarnya. Jadi ketika akan pindah jalur juga anda seenaknya saja tanpa memberikan tanda. Maka tak heran dari situlah banyak juga terjadi kecelakaan lalu lintas.

Kedua hal tadi menjadi akibat dari kelalaian berkendara. Sangat disayangkan jika itu terjadi pada anda. karena ketika dijalan, kadang kita sudah berhati hati pengguna jalan lainnya yang lalai. Maka sebaiknya anda memulainya terlebih dahulu untuk selalu berhati hati ketika berkendara, guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas ataupun membuat nyaman dan aman juga pada pengguna jalan lainnya. Karena ketika kita lalai berkendara, anda bisa di hukum berupa kurungan. Hal itu apabila sampai menyebabkan nyawa hilang. Maka jadilah pengguna jalan yang baik dan bijak serta selalu taati rambu rambu lalu lintas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *